Meski #darirumahaja, ITTelkom Surabaya tetap mengedukasi masyarakat melalui Festival Online

Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika di ramadhan sebelumnya, kita masih disibukkan dengan kegiatan di luar, kali ini kita lebih banyak menghabiskan di rumah. Tahun ini, kita diuji dengan wabah COVID-19, penyakit yang penularannya begitu cepat. Hanya dengan berkontak fisik dengan orang yang terkena virus ini akan menular ke tubuh kita. Imbasnya kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah yang tentu adalah merupakan berkah yang mahal. Segala aktivitas kita yang harus dikerjakan di luar menjadi terhalang dan harus dikerjakan dirumah, misalnya sekolah, kuliah, kerja, dan lain sebagainya. Akibatnya kita semua akan disibukkan dengan aktivitas online yang dikerjakan dari rumah.

Meskipun segala kegiatan dilakukan secara online, tentunya tidak menjadi penghalang bagi semua orang untuk melakukan aktivitasnya. Mereka juga tetap bisa mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan seperti belajar online, mengikuti kegiatan seminar online, mencari hiburan seperti menonton drama, game, dan lain sebagainya. Sebagai penunjang aktivitas online mereka, Institut Teknologi Telkom Surabaya membuat acara yang berguna bagi kalangan remaja khususnya bagi siswa-siswi yang sedang mencari perguruan tinggi terbaik. Acara tersebut bertema #DariRumahAja, yang di dalamnya berisi beberapa acara yaitu cangkruk, seminar ilmiah populer, ramadhan around the world, dan kuliah tamu kekinian.

Acara yang melibatkan Unit Admisi, LPPM, dan Fakultas Teknologi Informasi dan Industri ITTelkom Surabaya tersebut memiliki tujuan yang berbeda beda. Acara Cangkruk berisi sharing dengan profesional di berbagai bidang kerja, misal telekomunikasi, logistik, dan lainnya. Seminar ilmiah populer adalah acara mengenai pengenalan prodi dan bidang di dalam prodi, misal ternyata Teknik Elektro tidak selalu tentang listrik, tetapi juga ada elektro di bidang kesehatan atau teknologi 3D printing yg sangat membantu di dunia industri. Kuliah tamu berisi tentang penerapan nyata keilmuan yang dipelajari selama kuliah di dunia kerja. Acara Ramadhan Around the World ini merupakan acara siaran radio di Suara Muslim yang mengambil narasumber terkemuka dari kampus ITTelkom Surabaya seperti Wakil Rektor II dan bercerita tentang suasana Ramadhan di berbagai negara.

Tujuan diadakan acara tersebut adalah  ITTelkom Surabaya ingin hadir untuk menemani kegiatan di rumah saja akibat larangan melakukan aktivitas diluar sana karena wabah COVID-19 ini. Selain untuk menemani kegiatan di rumah, ITTelkom Surabaya juga ingin memperkenalkan kampus ini dan program studi yang terdapat di kampus ini ke masyarakat luas dengan kata lain promosi kampus. Secara teknis, semua acara ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi digital. Sesuai dengan tema #DariRumahAja, mereka tidak perlu datang langsung ke kampus apalagi dengan maraknya wabah COVID-19 yang melarang orang berkerumunan sehingga mereka yang mengikuti acara ini bisa melalukan di rumah dengan membuka aplikasi zoom.

Leave a Reply