Program Studi S1 Teknik Industri ITTelkom Surabaya Secara Bertahap Mulai Melaksanakan Perkuliahan Secara Hybrid.

Demi memutus matarantai penyebaran virus Covid-19 yang terus meningkat, pemerintah melakukan upaya penanggulanagan,  salah satunya adalah dengan meniadakan pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran secara virtual daring, kondisi ini diberlakukan sejak dikeluarkannya surat edaran dari kemendikbud pada  17 Maret 2020 lalu dan berlaku bagi seluruh instansi pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sejak di edarkannya surat larangan tersebut kampus ITTelkom Surabaya kemudian meniadakan kegiatan perkuliahan secara tatap muka dan menggantinya dengan perkuliahan secara virtual daring, Selain itu seluruh mahasiswa dan staf ITTelkom Surabaya juga dilarang untuk datang dan melakukan kegiatan apapun dikampus Institut Teknologi Telkom Surabaya selama beberapa waktu. Kampus ITTelkom Surabaya juga menerapkan standard protokol kesehatan yang ketat di seluruh area kampusnya dengan melakukan sterilisasi ruangan dan alat alat kerja, serta memberikan tanda social distancing di tempat-tempat yang biasa terjadi kerumunan.

Berita terbaru saat ini, melihat angka kasus penularan Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia telah menurun terutama kota Surabaya. Status kota Surabaya yang kini tak lagi berada di zona merah membuat Program Studi S1 Teknik Industri ITTelkom Surabaya akhirnya secara bertahap mulai melaksanakan kegiatan perkuliahan secara hybrid, hal ini dilakukan dengan dasar pertimbangan dari  Keputusan Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2021 tanggal 8 Januari 2021 mengenai pembelajaran Luar Jaringan dan Dalam Jaringan (Luring dan Daring), serta  Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 30 November 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Jadi mahasisiwa Program Studi S1 Teknik Industri ITTelkom Surabaya diperbolehkan untuk memilih antara melakukan perkuliahan secara Luring atau Daring dengan sepengetahuan dan izin dari wali masing-masing.

Saat ini sudah ada tiga kelas dengan tiga mata kuliah yang telah menyelenggarakan  kegiatan pekuliahan secara  hybrid diantaranya adalah :

1. Simulasi Komputer yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2018 dengan dosen pengampu mata kuliah adalah  bapak Abduh Sayid Albana, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D.

2.  Praktikum Proses Manufaktur yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Industri angkatan 2019 dengan dosen pengampu mata kuliah adalah bapak Benazir Imam Arif Muttaqin, S.T., M.T.

3. Praktikum Menggambar Teknik yang dilaksanakan oleh mahasiswa Teknik Industri ankatan 2020 dengan dosen pengampu mata kuliah adalah bapak Benazir Imam Arif Muttaqin, S.T., M.T.

Selama melakukan perkuliahan secara hybrid, pihak kampus ITTelkom Surabaya telah  menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi seluruh mahasiswa dan staf yang terlibat dalam proses perkuliahan Luring, diantaranya dengan mewajibkan seluruh mahasiswa serta staf untuk memakai masker, kemudian meletakan alat pendeteksi suhu di gerbang masuk dan di pintu masuk kampus, serta meletakkan handsenitizer di tempat tampat yang sering digunakan seperti di area lift, toilet dan di samping pintu ruang kelas, selain itu pihak kampus ITTelkom Surabaya juga membatasi jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara Luring sehingga social distancing tetap bisa diterapkan.

 Ditahap awal pemberlakuannya, aktiivitas perkuliahan secara Luring di Program Studi S1 Teknik Insustri  ITTelkom Surabaya berjalan dengan lancar dan dinilai berhasil karena para mahasiswa serta stafnya dapat mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan sehingga kegiatan perkuliahan berjalan secara kondusif. Selanjutnya diharapkan kegiatan ini bisa terus berjalan dan di tingkatkan lebih baik lagi agar dapat di terapkan bagi seluruh mahasiswa tingkatan 2018 hingga 2020 sampai kondisi kembali normal dan pembelajaran tatap muka resmi diperbolehkan.

Sumber :

  • Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • www. Kemendikbud.go.id
  • http://infocovid19.jatimprov.go.id

Leave a Reply