Mahasiswa ITTelkom Surabaya Pertama Kalinya Melakukan Praktik Kerja Lapangan (Magang)

ITTelkom Surabaya merupakan salah satu cabang instansi pendidikan perguruan tinggi dari salah satu anak perusahaan BUMN yakni PT Telkom Indonesia. ITTelkom Surabaya memang bukan satu satunya instansi perguruan tinggi yang dimiliki PT Telkom Indonesia, namun ITTelkom Surabaya adalah satu-satunya Instansi Perguruan Tinggi Telkom yang baru berdiri di Jawa Timur.

Didirikan pada tahun 2018 kini ITTelkom Surabaya sudah memasuki usia yang ke-3 tahun dengan mahasiswa angkatan pertama yang tengah menempu pendidikan di semester 7, dimana pada semester ini akan dimulainnya praktik kerja lapangan atau yang sering disebut Magang. Para mahasiswa yang akan melakukan praktik kerja lapangan (magang) akan memilih perusahaan atau instansi tertentu untuk mempelajari bagaimana sistem dan cara bekerja sekaligus mencari pengalaman dan menerapkan ilmu yang telah mereka peroleh dan kuasai dalam perkuliahan.

Seluruh mahasiswa ITTelkom Surabaya dari berbagai program studi telah melakukan seminar proposal dan akan dilakukan pelepasan praktik kerja lapngan (magang), tak terkecuali program studi Teknik Industri. Program studi Teknik Industri ITTelkom Surabaya baru saja melakukan pelepasan mahasiswa untuk menjalani program praktik kerja lapangan (magang) untuk yang pertama kalinya. Pelepasan tersebut telah dilakukan pada bulan Agustus 2021.

Mahasiswa angkatan pertama tahun 2018 yang terdiri dari 3 mahasiswi dan 11 mahasiswa tersebut melakukan program praktik kerja lapangan (magang) pada empat PT yakni PT. TELKOM SBU, PT. TELKOM AKSES, PT. TELKOM PROPERTI dan PT. INK yang terletak di Surabaya dan Madiun. Berikut merupakan list mahasiswa berdasarkan tempat magang.

Para mahasiswa tersebut akan melakukan program praktik kerja lapangan (magang) selama kurang lebih enam bulan. Adanya program praktik kerja lapangan ini tak lain bertujuan agar para mahasiswa dapat terjun langsung untuk menerapkan ilmu yang telah mereka dapat dan kuasai selama belajar di kampus. Program praktik kerja lapangan ini memang kerap diterapkan kepada para mahasiswa semester akhir sebelum mereka menyusun ujian akhir skripsi.

Meski baru pertama kali menjalankan program praktik kerja lapangan ini ITTelkom Surabaya tidak ragu dan optimis pada para mahasiswa nya, bahwa mereka akan menjalankan program ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawa, karena pihak kampus ITTelkom Surabaya dan seluruh staf pendidik telah memberikan ilmu serta pelatihan yang berkompeten kepada seluruh mahasiswanya.

Leave a Reply