ITTelkom Surabaya Ciptakan Truk Listrik Ramah Lingkungan Untuk Membantu Bidang Logistik Pada Skala Industri

Transportasi merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang aktifitas sehari-hari khususnya di bidang logistik, baik sekala individu maupun industri. Bagi sekala industri kendaraan transportasi memiliki peran yang vital karena menunjang pendisribusian barang ke berbagai daerah baik di dalam maupun diluar negeri. Di Indonesia sendiri kendaraan transportasi barang yang umum digunakan merupakan kendaraan bermesin diesel yang berbahan bahar minyak bumi.

Penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar transportasi sebenarnya sudah lama diklaim tidak efektif dan efisien karena memiliki dampak yang kurang baik bagi lingkungan. Transportasi yang berbahan bakar minyak bumi memilki dampak buruk bagi lingkungan karena asap pembakaran yang dihasilkan kendaraan tersebut dapat mengakibatkan pencemaran udara yang berdampak pada menurunnya kualitas udara dan memicu pemanasan global.
Melihat permasalahan tersebut ITTelkom Surabaya kembali menghadirkan inovasi dengan melakukan penelitian agar dapat menciptakan kendaraan transportasi yang ramah lingkungan dan mempu membantu mendistribusikan barang pada skala industri.

Feasibility Study For Conversion of Diesel Power into Electric Truck merupakan penelitian terapan yang diusulkan dan tengah dikerjakan oleh ITTelkom Surabaya agar dapat menghadirkan kendaraan truk yang berbahan bakar listrik yang aman bagi lingkungan. Penelitian tersebut merupakan penelitian gabungan yang dilakukan oleh Benazir Imam Arif Muttaqin, S.T., M.T. dosen sekaligus kaprodi Teknik Industri dan Dominggo Bayu Baskara, S.T., M.MT. dosen sekaligus kaprodi Teknik Logistik. Selain kedua dosen tersebut penelitian ini juga melibatkan bebrapa mahasiswa ITTelkom Surabaya dari beberapa program studi. Tujuan dilibatkannya para mahasiswa dalam penelitian ini tak lain agar penelitian ini dapat menjadi smedia praktik bagi para mahasiswa.

Penelitian ini berfokus pada studi analisis kelayakan konversi truk berbahan bakar fosil (diesel) menjadi truk listrik menggunakan baterai sedangkan tujuan dari analisis kelayakan ini adalah untuk mendapatkan gambaran bagaimana proses bisnis konversi truk diesel ke truk listrik ini dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak, terutama bagi produsen/pihak yang melakukan proses konversi ke truk listrik. Studi kelayakan akan dilakukan sekomprehensif mungkin yang dapat mencakup aspek teknis, pasar, ekonomi, dan manajerial. Saat ini penelitian ini telah mencapai tahap pengambilan dan pengolahan data. Terdapat dua data primer yang digunakan dalam penelitian ini , yakni data studi pustaka tren riset truk listrik secara global dan di Indonesia, serta data kedua adalah data perbandingan kompetitor di pasar truk listrik.

Dengan diusulkannya penelitian truk listrik ini pihak ITTelkom Surabaya optimis bahwa ketika penelitian ini berhasil diselesaikan maka akan mampu membuat trobosan daru dalam bidang transportasi angkutan barang yang lebih efisien serta mampu menjadi salah satu solusi mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan kendaraan berbahan bakar minyak.

2 Comments

  1. I really like reading through an article that will make men and women think.
    Also, many thanks for permitting me to comment!

    my site; effex delta-8 gummy review

Leave a Reply