Kuliah Tamu Teknik Industri: PERAN SARJANA TEKNIK lNDUSTRI DALAM INDUSTRI DIGITAL

Dalam dunia perguruan tinggi terdapat suatu kegiatan yang tidak asing dan bahkan sering diselenggarakan oleh pihak kampus maupun fakultas yakni Kuliah tamu. Kuliah tamu sendiri  merupakan suatu kegiatan pembekalan wawasan terhadap mahasiswa yang biasanya di selenggarakan diluar jadwal rutin aktifitas belajar mengajar di kelas. Kuliah tamu ini biasanya bersifat tidak wajib dan terbuka bagi mahasiswa dari program studi lain.

Memasuki tahun ke 3 ITTelkom Surabaya juga kembali megadakan serangkaian acara kuliah tamu bagi para mahasiswanya terkhusus bagi para mahasiswa program studi teknik industri dari angkatan 2021 hingga 2018. Program ini bersifat wajib bagi para mahasiswa Teknik Industri dan bersifat terbuka bagi mahasiswa program studi lain. Acara yang dislenggarakan pada Selasa, 16 Oktober 2021 itu di hadiri oleh mahasiswa ITTelkom Surabaya beserta staf dengan dengan menghadirkan pemateri handal dari salah satu e commers besar Indonesia yakni BukaLapak. Bapak Suryo Susono, S.T., MBA selaku Vice president Human Resource BukaLapak menjadi pembicara dalam acara tersebut dengan membawakan tema  “Peran Sarjana Teknik Industri Dalam Industri Digital”.

penyampaian materi kuliah tamu

Dalam materinya pak Suryo menyampaikan bahwa Teknik Industri merupakan salah satu program studi yang banyak dicari saat ini dikarenakan perannya yang besar dalam membangun perekonomian di Indonesia, selain itu beliau juga berpendapat bahwa Sarjana Teknik Industri juga memiliki bidang pekerjaan yang luas, namun beliau juga mengatakan bahwa di era saat ini peran dan bidang pekerjaan dari lulusan sarjana Teknik Industri semakin bertambah. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menuju dunia digital membuat banyak peluang terbuka untuk membangun ekonomi, jika dahulu Sarjana Teknik Industri hanya Berkutat di pabrik atau perusahaan konvesional namun kondisi saat ini sudah tidak seperti dulu, sekarang sudah banyak usaha atau bisnis  yang berbasis digital seperti Start Up Company , E comers Company, Tech Company dll yang semakin banyak bermunculan yang justru menjadi peluang emas bagi pertumbuhan ekonomi dimasa depan.

penyampaian materi kuliah tamu

Oleh karena itu beliau berpesan bahwa sebagai calon sarjana Teknik Industri sekaligus generasi milenial sudah seharusnya bisa semakin melek akan teknologi yang berkembang dan mencari peluang untuk berkarya dan membangkitkan perekonomian melalui jalur digital, dan jika bisa jangan menjadi sarjana Teknik Industri yang mencari pekerjaan namun jadilah sarjana Teknik Industri yang menciptakan pekerjaan.

Leave a Reply